Thursday, February 25, 2010

Game Teknologi ...

Merupakan suatu bentuk game (permainan) yang menggunakan teknologi sebagai komponen utamanya. Di zaman sekarang, banyak sekali kita jumpai game yang seperti itu. Dan tentu saja untuk istilah game teknologi itu tidak hanya sebatas game yang berjenis digital, akan tetapi banyak game bukan digital yang menggunakan teknologi, contohnya beyblade, radio control, paintball, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, mungkin di sini akan memberi sedikit penjelasan mengenai game teknologi yang menjurus pada jenis game digital.


TAHAP – TAHAP MEMBUAT GAME

Nah, mungkin diantara kita ada yang ingin membuat game. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang menjelaskan bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan dalam membuat game. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

a. Menentukan genre (jenis) game yang akan dibuat.

Jadi kita harus tentukan genre game apa yang ingin kita buat. Tujuannya yaitu memudahkan perancang game untuk bisa menggabungkan antara konten dengan pendekatan game yang sesuai. Misalkan jika kita ingin memberikan pembelajaran mengenai sistem distribusi pasar secara komprehensif yang dimulai dari pembelian bahan mentah hingga pemasaran produk jadi di toko-toko maka bisa dipilih pendekatan game edukasi yang menggabungkan genre serious games, simulation games dan strategy games.

Berikut ini adalah genre dalam game teknologi dan penjabaran sifat-sifatnya :
  1. Adventure games melatih kemampuan pemain dalam memecahkan teka-teki dan menemukan artefak;
  2. Educational games memanfaatkan game sebagai wahana pembelajaran, khususnya untuk anak-anak;
  3. Fighthing games menekankan pada pertarungan satu lawan satu dan seni bela diri;
  4. Multiplayer online games melibatkan banyak pemain untuk berinteraksi bersama-sama secara online;
  5. Platform games mencakup permainan tradisional dua dimensi seperti berlari, meloncat dan berpindah dari satu level ke level lain untuk mengalahkan musuh dan mengumpulkan hadiah;
  6. Puzzle games menantang pemain untuk memecahkan teka-teki berbasis logika dan mengeksplorasi labirin untuk mencari jalan keluar;
  7. Racing games biasanya menempatkan pemain dalam kursi pengemudi kendaraan kencang paling mutakhir;
  8. Role playing games (RPG) memberikan kesempatan pada pemain untuk berperan sebagai seorang petualang dengan peran khusus dalam sebuah dunia fantasi;
  9. Serious games mengajarkan skenario dunia nyata dan biasa dimanfaatkan dalam permainan korporasi;
  10. Simulation games bertujuan untuk mencipta ulang aktivitas dalam pendekatan yang serealistik mungkin;
  11. Sports games mengemulasi permainan fisik dalam olah raga ke dalam ruang keluarga;
  12. Strategy games terfokus pada perencanaan dan kemampuan manajerial; dan
  13. Traditional games adalah game yang berbasis pada permainan-permainan papan (board games) dan kartu yang populer.


b. Menentukan Tools yang akan digunakan

Pada tahap ini, umumnya game dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Akan tetapi, untuk orang-orang yang kurang mengerti dengan bahasa pemrograman, kini sudah banyak tersedia software yang dapat membantu untuk membuat game.

Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam :
  • Game maker
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan. Pada dasarnya, program ini digunakan hanya untuk membuat game 2D, tapi di sini tersedia juga fitur untuk membuat game 3D, hanya saja hasilnya tidak akan maksimal.

  • RPG Maker (R.M)
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).

  • AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle.

  • Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.

  • 3D Game Studio
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.


c. Menentukan Gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, mission sukses, mission failed. Cara bermain dan sistem lainnya harus anda tentukan. Misal dalam sistem save, anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit.

d. Menentukan grafis yang ingin digunakan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan.


e. Menentukan suara yang ingin digunakan

Pada tahap ini, tahap dimana kita diharuskan memasukkan suara-suara sebagai backsound dari game yang sedang dibuat. Tujuannya agar game menjadi lebih menarik dan terkesan tidak hampa dan tidak membosankan.


f. Membuat perencanaan waktu

Tujuannya yaitu agar kegiatan dalam pembuatan game dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan.


g. Proses pembuatan game

Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

h. Dan yang terakhir adalah proses Publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game.


TEKNOLOGI DALAM PEMBUATAN GAME

• Pemrograman Game
Ketentuan pertama yang anda perlu ingat: GAME MEMANG DIBUAT DENGAN PROGRAM. Jadi pemrograman memang esensi dasar dari semua game. Tanpa program, game hanya seperti gambar statis. Seperti sebuah karya yang tidak interaktif. Sebuah game tidak akan dikatakan game (dalam konteks teknologi) bila tidak dibuat dengan program. Ingat, kita bicara tentang game yang dibuat dengan program walaupun digunakan diberbagai platform seperti console, pc dan web misalnya.

• Pilihan Bahasa Pemrograman
Walaupun sebenarnya game bisa dibuat oleh banyak bahasa, tapi ada beberapa bahasa yang memang sudah umum dan teruji digunakan dalam membuat game. Seperti C++ dan Flash. Dilihat dari segi kemampuan, keduanya memang sangat berbeda dan tujuan penggunaannya pun berbeda pula.

• Arah Pengembangan
Sebagai pemula, anda harus tahu arah penggunaan bahasa dan pangsa pasar game dari awal. Tentu saja, contohnya seperti Smartfoxserver. Dengan software ini, anda menggunakan actionscript untuk membuat game online (multiplayer). Keterbatasan flash yang dulunya ditujukan untuk animasi web sudah berkembang. Tidak hanya itu, flash juga sudah digunakan sebagai alternatif membuat software untuk mobile application.

• Orientasi dan Tujuan Anda
Hal ini tidak terlepas dengan pilihan bahasa pemrograman itu sendiri. Anda bisa jadi serius dengan game development tetapi memiliki keterbatasan tertentu seperti pendidikan dasar dan skill yang dimiliki saat ini.

PROFESI – PROFESI PADA PROSES PEMBUATAN GAME

• Programmer, yaitu orang yang menguasai bahasa pemrograman (software) dan bertidak sebagai pembuat game.

• Graphic Design, yaitu orang yang ahli dibidang desain dan bertindak sebagai pembuat desain dari game (karakter avatar dan tampilan game).

• Music Composer, yaitu orang yang bertugas sebagai pemberi musik (backsound atau suara dari avatar) di dalam sebuah game.

• Koreografer, yaitu orang yang mengatur gerakan-gerakan tokoh yang terdapat di dalam game.


Sumber :
http://hafizsan.multiply.com/journal/item/105/
http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html
http://thommykennedy.wordpress.com/2009/07/29/mari-membuat-game/
http://www.gamedevid.org/forum/archive/index.php?t-6908.html

1 comment: